Abdul Aziz Khoiri, S.Pd., M.Pd.

Abdul Aziz Khoiri, S.Pd., M.Pd., lahir di LAMONGAN pada tanggal 21-12-1993 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 20 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 9. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 11. Memiliki karya buku sebanyak 4. Memperoleh HKI sebanyak 7.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S1 S2
Nama Perguruan Tinggi UNIVERSITAS NEGERI MALANG UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Bidang Ilmu PENDIDIKAN BAHASA ARAB KEGURUAN BAHASA ARAB
Tahun Masuk-Lulus - - 2015 - - 2019
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Agama Islam
2 Bahasa Arab
3 Bahasa Indonesia
4 BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TINGKAT LANJUT
5 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
6 Fonologi
7 KKN Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program
8 Metode Penelitian
9 micro teaching
10 Pembelajaran BIPA Dasar
11 Penelitian Filologi
12 Pengantar Filologi
13 Penulisan Jurnalistik
14 Penyuntingan
15 PRAGMATIK
16 Sejarah Sastra
17 Seminar Proposal
18 Seminar Proposal Tugas Akhir
19 Skripsi
20 SKRIPSI

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 IMPLEMENTASI PROGRAM MBKM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
2 2024 IMPLEMENTASI PROGRAM MBKM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
3 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
4 2024 PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLEGENCE (AI) BAGI GURU SMP DI SURABAYA Litabmas
5 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
6 2024 PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLEGENCE (AI) BAGI GURU SMP DI SURABAYA Litabmas
7 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
8 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
9 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
10 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
11 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
12 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
13 2024 PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLEGENCE (AI) BAGI GURU SMP DI SURABAYA Litabmas
14 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
15 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
16 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
17 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
18 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
19 2024 IMPLEMENTASI PROGRAM MBKM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Litabmas
20 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
21 2024 PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLEGENCE (AI) BAGI GURU SMP DI SURABAYA Litabmas
22 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
23 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
24 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
25 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
26 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas
27 2024 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMETAAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK BAGI PARA GURU SANGGAR BELAJAR SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR MALAYSIA Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2025 PENGARUH CHATGPT TERHADAP PENYELESAIAN TUGAS PERKULIAHAN MAHASISWA: STUDI SURVEI DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (UNESA) DAN UNIVERSITI MALAYA (MALAYA) MALAYSIA
2 2025 Penggunaan Platform Mesitas (Menulis Puisi untuk Disabilitas) Berbasis CBT (Cognitive Behavioral Therapy) sebagai Terapi Diri dan Pengembangan Sosial-spiritual Penyandang Disabilitas
3 2024 PERENCANAAN WIBAWA BAHASA SEBAGAI STRATEGI INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA: PENDEKATAN LANGUAGE PLANNING AND POLICY
4 2025 Sastra Pariwisata Indonesia-Malaysia: Mempromosikan Wisata Lokal Melalui Tulisan Kreatif sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi dan Jati Diri Bangsa Indonesia dan Malaysia
5 2025 Investigasi Struktur Internal Comprehensive Assessment of Basic Interests (CABIN) pada konteks Indonesia
6 2025 Instrumen Self-Assessment Berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Mahasiswa pada Pembelajaran Sains
7 2025 Peran Faktor Kognitif dalam Performansi Pembelajaran Bahasa Kedua (L2): Kajian Neurolinguistik pada Siswa SMA di Surabaya dalam Mendukung Pendidikan Inklusif dan Berkualitas
8 2025 Analisis Code Switching dan Code Mixing pada Storytelling Dwibahasa Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus di Sekolah Internasional Kota Surabaya
9 2024 Implementasi Program MBKM Di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Surabaya
10 2024 Model Menulis Berbasis Psychoreflective: Studi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
11 2024 BUDAYA BASA-BASI MASYARAKAT INDONESIA SEBAGAI ASPEK KOMPETENSI PLURIKULTURAL BIPA
12 2025 BAHASA DAN PSIKOLOGI SOSIAL: INOVASI STRATEGI LINGUISTIK UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MENTAL DAN SOSIAL DI KOMUNITAS MULTIKULTURAL URBAN INDONESIA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2025 Optimalisasi Publikasi Multimoda pada Pekerja Migran Indonesia (PMI) Muslim di Kaoshiung Taiwan untuk Menyuaraan Kebersamaan
2 2025 Penguatan dan Pendampingan Membaca Analitis dan Kritis (MAKSI) bagi Siswa SMA di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia
3 2024 Pemberdayaan Guru di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan melalui Strategi Literasi Lintas Mata Pelajaran versi Cetak dan Digital
4 2025 Pemberdayaan Perempuan Pekerja Migran Indonesia (PPMI) di Malaysia Melalui Peningkatan Literasi Finansial Islam untuk Mendukung Pencapaian Asta Cita Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia
5 2025 Psikoedukasi perencanaan karir bagi santri Pondok Pesantren An-Nahdloh Kuala Lumpur Malaysia
6 2025 Pelatihan Integrasi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran: Upaya Meningkatkan Kualitas dan Capaian Akademik Mahasiswa Indonesia di Universiti Malaya Malaysia
7 2025 Strategi Pencitraan “Islam Rahmatan lil 'Alamin” Berbasis Teknologi Informasi di Komunitas Muslimat NU Malaysia
8 2024 Pelatihan Dan Pendampingan Pemetaan Gaya Belajar Peserta Didik Melalui Asesmen Diagnostik Bagi Para Guru Sanggar Belajar Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia
9 2024 Pendampingan Penulisan Artikel Menggunakan Artificial Intellegence (AI) bagi Guru SMP di Surabaya

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Tathwiru darsi al-\'adadi wal ma\'dudi kamaddatin ta\'limiyyatin Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 2015 - /-/2015
2 Tathwiru darsi al-'adadi wal ma'dudi kamaddatin ta'limiyyatin Universitas Negeri Malang, 2016 - /-/2016
3 METODE PEMBELAJARANKETERAMPILAN BERBAHASA DI PROGRAM STUDI SARJANA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 1 (2), 2016 - /-/2016
4 Arabic Teacher: Pembelajaran Modern Bahasa Arab Berbasis E-Learning Bagi Non-Native Speaker Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 3 (3), 289-299, 2017 - /-/2017
5 أثر التعليم الإلكتروني المدمج والمتزامن &#160 ISoLEC Proceedings 2019, 235, 2019 - /-/2019
6 ANALISIS UNSUR–UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK DALAM CERPEN عمارة KARYA KAMIL KAELANI Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 6 (6), 795-806, 2020 - /-/2020
7 Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovatif Bahasa Arab Qur’ani Berbasis Project Based Learning Bagi Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 4 (2), 221-231, 2023 - /-/2023
8 KUMPULAN MUKJIZAT DALAM AL-QUR’AN & AS-SUNNAH Sari-Sari I’jaazaat Min Al-Qur’an Wa As-Sunnah - /-/2023
9 Pendampingan Penulisan Artikel Menggunakan AI (Artificial Intellegence) bagi Guru SMP di Surabaya Innovative Journal of Community Engagement 1 (1), 7-14, 2024 - /-/2024
10 PENGANTAR APRESIASI SASTRA - /-/2024
11 ASESMEN DIAGNOSTIK UNTUK PEMETAAN GAYA BELAJAR - /-/2024

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Guide book Arabic Camp : pelatihan pidato, MC, puisi dan debat ilmiah dalam Bahasa Arab 2020 CV. Kali Pustaka
2 Kumpulan mukjizat dalam Al-Qur’an & As-Sunnah : Sari-Sari I’jaazaat Min Al-Qur’an Wa As-Sunnah 2023 PT. Literasi Nusantara Abadi Grup
3 Penulisan artikel jurnal hasil PTK 2020 Delta Pijar Khatulistiwa
4 PENGANTAR APRESIASI SASTRA 2024 Rumah Cemerlang Indonesia

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Diktat Pembelajaran Bahasa Arab Qur’ani Untuk Mata Pelajaran PAI Materi Surat AlMaidah/5: 48 Dan At-Taubah/9: 105 Kelas X SMA 2023 hak cipta EC002023129285
2 Model Menulis Berbasis Psycho-Reflective: Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2024 hak cipta EC00202441094
3 Poster Tingkat Kepuasan Peserta Program MBKM Di Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Surabaya 2024 hak cipta EC002024231955
4 Poster Tingkat Pengetahuan Peserta Pendampingan Penulisan Artikel Menggunakan AI (Artificial Intellegence) Bagi Guru SMP Di Surabaya 2024 hak cipta EC002024231990
5 Poster Tingkat Pengetahuan Peserta Pelatihan Dan Pendampingan Pemetaan Gaya Belajar Peserta Didik Melalui Asesmen Diagnostik Bagi Para Guru Sanggar Belajar Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia 2024 hak cipta EC002024227540
6 Tips Membuat CV Bombastis 2024 hak cipta EC002024217096
7 Poster Karir Lulusan Program Studi Bahasa Arab 2024 hak cipta EC002024232755