Roihana Waliyyul Mursyidah, S.Pd., M.Pd.

Roihana Waliyyul Mursyidah, S.Pd., M.Pd., lahir di Pasuruan pada tanggal 23-03-1995 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 1 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 6. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 9. Memiliki karya buku sebanyak 3. Memperoleh HKI sebanyak 7.

Identitas Diri

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Pendidikan Agama Islam

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 Identifikasi Fitokimia Daun dan Biji Mahoni Serta Potensinya Sebagai Anti-Inflamasi
2 2022 Optimalisasi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa untuk Pembelajaran IPA Berbasis Blended Learning
3 2023 Sensitivitas Deteksi Kadar Garam Pada Variasi Ekstrak Buah Menggunakan Refraktometer Dan Spektrometer UV-Vis
4 2022 Perbedaan Efektivitas Media Video, Animasi Interaktif, dan Infografis pada Mata Kuliah Keterampilan Mendongeng dalam Mendukung Vlab Bahasa Jurusan PGSD
5 2022 Perbedaan Efektivitas Media Video, Animasi Interaktif, dan Infografis pada Mata Kuliah Keterampilan Mendongeng dalam Mendukung Vlab Bahasa Jurusan PGSD
6 2021 PERSPEKTIF PROBLEM SOLVING MELALUI REPRESENTASI CALON GURU IPA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
7 2023 Aplikasi Kamus Digital Indikator Pencapaian Kompetensi Berbasis Artificial Intelligence untuk Mengoptimalkan Desain Pembelajaran Abad ke-21 di Sekolah Dasar
8 2022 Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Inovatif Bermedia Video Interaktif, Animasi Digital, dan Infografis pada Mata Kuliah Keterampilan Mendongeng dalam Mendukung VLab Bahasa Jurusan PGSD
9 2021 PERSPEKTIF PROBLEM SOLVING MELALUI REPRESENTASI CALON GURU IPA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2024 Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mendesain Pembelajaran Berdiferesiasi dengan Memadukan Level dan Dimensi Kognitif untuk Mengoptimalkan Pembelajaran di Kelas Inklusi
2 2024 Pelatihan Pembelajaran Inkuiri untuk Penguatan Pedagogik Guru Sanggar Bimbingan SIKL Malaysia
3 2022 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning
4 2024 Pemanfaatan Media E-book Cerita Anak Bermuatan GESI untuk Mengoptimalkan Pemahaman Antibullying di Madrasah Ibtidaiyah Muhammdiyah 27 Surabaya
5 2021 Pemanfaatan LKS Berbasis Virtual Lab untuk Optimalisasi Pembelajaran Blended Learning
6 2023 Pelatihan pengembangan pembelajaran interaktif berbasis Program Base Learning kombinasi e-Modul pada pembelajaran Natural Science menuju Generasi 4.0

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 LEARNING OF VOCATIONAL SKILL FOR EMPOWERMENT THE SPIRIT OF SPECIAL NEEDS OF CHILDREN - /-/0
2 Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Babatan IV Surabaya Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta, 2016 - /-/2016
3 LEARNING OF VOCATIONAL SKILL FOR EMPOWERMENT THE SPIRIT OF SPECIAL NEEDS OF CHILDREN JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 2 (1), 21-29, 2018 - /-/2018
4 Pengembangan Materi Ajar PAI Berbasis Model Pemaknaan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019 - /-/2019
5 Validity of of Science Student’s Book to Practice Critical Thinking Skills International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP) 9, 218-223, 2019 - /-/2019
6 Need Analysis of Balanced Literacy Indonesian Language Teaching Materials Education Course International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 443-446, 2020 - /-/2020
7 Needs Analysis of the Multidisciplinary Literacy Lecture Model with Team Teaching and an Integrative Approach International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021 …, 2021 - /-/2021
8 Implementation of STEM Learning Model to Improve Students Learning Outcomes and Creative Thinking Skills in Grade VI Student International Symposium on Open, Distance, and E-Learning, 383-390, 2021 - /-/2021
9 Analisis Kebutuhan Buku Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Berbasis Strategi Metakognitif JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 7 (1), 25-32, 2022 - /-/2022

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Buku ajar pendidikan agama Islam berbasis strategi metakognitif 2021 UD. Alfasyam Jaya Mandiri
2 Menumbuhkan bahasa berkarakter positif 2019 UD. Alfasyam Jaya Mandiri
3 Siklus air 2019 UD. Alfasyam Jaya Mandiri

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Buku Ajar IPA Berbasis Strategi metakognitif: Siklus Air untuk Kelas 5 SD 2019 hak cipta EC00201976366
2 SERI LITERASI MULTIDISIPLIN: Ayo Mengenal Lingkungan Sekitar, Ayo belajar dengan melihat keluar jendela 2021 hak cipta EC00202145919
3 MEMBANGUN LITERASI MULTIDISIPLIN: Sebuah Model Team Teaching dengan Integrated Approach 2021 hak cipta EC00202164459
4 Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Strategi Metakognitif 2021 hak cipta EC00202172256
5 Video Perkuliahan PAI: Iman, Islam, dan Ihsan dalam Perspektif Percintaan 2021 hak cipta EC00202182654
6 Model Team Teaching : Dalam Konteks Pembelajaran Literasi Multidisiplin 2022 hak cipta EC00202276163
7 Desain Efektif Membangun Literasi Multidisiplin 2023 hak cipta EC00202378819