Nadia Lutfi Choirunnisa, S.Pd., M.Pd.

Nadia Lutfi Choirunnisa, S.Pd., M.Pd., lahir di Ngawi pada tanggal 08-07-1992 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 0 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 13. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 9. Memiliki karya buku sebanyak 1. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 1. Memperoleh HKI sebanyak 25.

Identitas Diri

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM BAGI GURU SD Litabmas
2 2022 PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM BAGI GURU SD Litabmas
3 2023 RUMAH ADAT MBARU NIANG DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR: KAJIAN ETNOPEDAGOGI DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN SD Litabmas
4 2023 RUMAH ADAT MBARU NIANG DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR: KAJIAN ETNOPEDAGOGI DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN SD Litabmas
5 2023 PENYUSUNAN DESAIN PEMBELAJARAN SD BERBASIS REFLEKSI BUDAYA LOKAL Litabmas
6 2022 PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM BAGI GURU SD Litabmas
7 2023 RUMAH ADAT MBARU NIANG DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR: KAJIAN ETNOPEDAGOGI DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN SD Litabmas
8 2023 RUMAH ADAT MBARU NIANG DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR: KAJIAN ETNOPEDAGOGI DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN SD Litabmas
9 2023 RUMAH ADAT MBARU NIANG DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR: KAJIAN ETNOPEDAGOGI DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN SD Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2022 PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SD
2 2024 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL DALAM PENGUATAN KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK DI DAERAH PEDESAAN
3 2023 RUMAH ADAT MBARU NIANG DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR: KAJIAN ETNOPEDAGOGI DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN SD
4 2024 PROYEK STEAM SUSTAINABLE CITY DALAM PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) UNTUK MENINGKATKAN EKOLITERASI SISWA SEKOLAH DASAR
5 2024 INSTRUMEN TES DAN NONTES DALAM KONTEKS SUSTAINABLE DEVELOPMENT UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LEVEL SUSTAINABILITY AWARENESS SISWA SEKOLAH DASAR
6 2023 IDENTIFIKASI KAJIAN ETNOPEDAGOGI PADA KONTEKS KEARIFAN LOKAL PROSESI PENGANTEN JAWA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
7 2024 STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWA BILINGUAL PGSD YANG MEMILIKI PENGALAMAN BELAJAR DI LUAR KAMPUS: TAIWAN, FILIPINA, DAN THAILAND
8 2024 Pengembangan Model Manajemen Sekolah Dasar Inklusif Dalam Perspektif Values Driven Organization
9 2023 PEMBELAJARAN INKUIRI BERORIENTASI LOCAL SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DAN NUMERASI BAGI SISWA SD
10 2022 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN IPA PGSD FIP UNESA
11 2022 PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORIUM RUMPUN IPA PGSD FIP UNESA
12 2024 APLIKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MEMVISUALISASIKAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL RUMAH ADAT MBARU NIANG NUSA TENGGARA TIMUR

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2022 PELATIHAN KEWIRAUSAHAN MINUMAN KEKINIAN SEBAGAI ALTERNATIF BISNIS BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ICHSAN
2 2024 PELATIHAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN SISWA DALAM MERDEKA BELAJAR BAGI GURU SEKOLAH INDONESIA DI MALAYSIA
3 2024 PELATIHAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOPEDAGOGI MELALUI REFLEKSI BUDAYA LOKAL KABUPATEN TREANGGALEK
4 2023 PELATIHAN PEMBUATAN MULTIMEDIA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK KELOMPOK GURU WILAYAH SURABAYA
5 2022 PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM BAGI GURU SD
6 2024 PELATIHAN MERANCANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU DI SEKOLAH INDONESIA JOHOR BAHRU
7 2024 PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIK MENGGUNAKAN PLATFORM CANVA DI SILN BANGKOK
8 2023 PENYUSUNAN DESAIN PEMBELAJARAN SD BERBASIS REFLEKSI BUDAYA LOKAL
9 2022 PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL-SOAL LITERASI DAN NUMERASI UNTUK MENUNJANG KEPROFESIONALAN GURU SD
10 2023 Pelatihan Merancang Pembelajaran dengan Mengintegrasi Literasi dan Numerasi untuk Guru SD/MI
11 2024 PELATIHAN PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF INTERAKTIF BAGI GURU DI SEKOLAH INDONESIA MALAYSIA
12 2024 PELATIHAN MERANCANG PEMBELAJARAN TERINTEGRASI LITERASI SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU SEKOLAH INDONESIA DI MALAYSIA
13 2024 TRANSFORMASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN PEMBELAJAN GURU BERBASIS MOBILE DI SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR (SIKL)

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Mobile Interactive Multimedia to Assist Prospective Science Teachers Holding Conceptual Understanding in Problem-Solving Electrical Circuits TEM Journal 12 /-/2023
2 Improving The Science Process Skills and Concept Mastery for Primary School Students through Learning Based on 5E Instructional Model MISEIC 2017, 2017 - /-/2017
3 Improving science process skills for primary school students through 5E instructional model-based learning Journal of Physics: Conference Series 947, 012021, 2018 - /-/2018
4 PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS DIGITAL UNTUK OPTIMALISASI LATIHAN SOAL-SOAL PECAHAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik 6 (2), 109-115, 2021 - /-/2021
5 Pembelajaran Seni Musik Botol Kaca Berbasis Proyek dengan Pendekatan Steam untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya 2 (2), 155-167, 2022 - /-/2022
6 Kreasi Mini Water Heater dari Barang Bekas: Media Berbasis Steam untuk Siswa Sekolah Dasar ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya 2 (2), 168-175, 2022 - /-/2022
7 The Effectiveness of STEAM Learning Based on “Robotis” Projects to Improve Science Literacy of Elementary School Students Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (6), 4836-4841, 2023 - /-/2023
8 Development of Virtual Science Laboratory as an Alternative Learning Media International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 534-540, 2023 - /-/2023
9 Developing East Java Local Wisdom-based Puppet Character Drama Video for fourth Grader in Elementary Schools Journal of Educational Technology and Instruction 2 (1), 62-74, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Pembelajaran STEAM di sekolah dasar 2023 CV. Talenta Pena Publishing

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Improving Science Process Skills for Primary School Students Through 5E Instructional Model-Based Learning 2018

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Video Impelementasi Piramida Gizi Seimbang kepada Masyarakat 2022 hak cipta EC00202234381
2 Pembelajaran STEAM di SD - Pemanfaatan Limbah Organik Rumah Tangga Dalam Pembuatan Pupuk Kompos Pada Kelas IV Sekolah Dasar 2022 hak cipta EC00202234387
3 Implementasi Pembelajaran STEAM Dalam Proyek Kompor Tenaga Matahari Pada Kelas VI Di SDN Bakalan Wringinpitu Status 2022 hak cipta EC00202234389
4 Video Pembelajaran Interaktif Kelas 1 tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 2022 hak cipta EC00202269383
5 Pemanfaataan Sampah Anorganik Melalui Pengelolahan Bank Sampah 2022 hak cipta EC00202234375
6 Video Simulasi Pembelajaran Kelas 4 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4 2022 hak cipta EC00202267581
7 Video Simulasi Pembelajaran Kelas 4 Semester 2 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 2022 hak cipta EC00202267582
8 Video Simulasi Pembelajaran Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 2022 hak cipta EC00202267570
9 Media Pembelajaran Pop-Up Book Digital Siklus Air (Daur Air) 2022 hak cipta EC00202258797
10 Media Pembelajaran Sistem Pencernaan dan Transportasi Pada Manusia 2022 hak cipta EC00202258798
11 Media Pembelajaran Aplikasi Journey Of Tajweed 2022 hak cipta EC00202258799
12 Media Pembelajaran Komik Digital Gaya untuk Kelas 4 2022 hak cipta EC00202258807
13 Media Pembelajaran Game Guess Me 2022 hak cipta EC00202258808
14 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas 4 2022 hak cipta EC00202261174
15 Implementasi Pengolahan Limbah Kulit Kerang Menjadi Konektor Masker Berbasis Pendekatan STEAM Pada Siswa Kelas 4 di MI At – Tauhid Surabaya 2022 hak cipta EC00202234376
16 PANDUAN PENGEMBANGAN SOAL LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR 2022 hak cipta EC00202269369
17 Buku Pegangan Bahasa Osing 2022 hak cipta EC00202273121
18 Video Implementasi STEAM (Pengenalan Bahasa Krama Alus Dengan Menggunakan Teknologi Berbasis Game) 2022 hak cipta EC00202234373
19 VIDEO BELAJAR CITA-CITAKU KELAS IV TEMA 6 CITA- CITAKU SUBTEMA 2 HEBATNYA CITA-CITAKU PEMBELAJARAN 6 2022 hak cipta EC00202269388
20 Video Pembelajaran Daring Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 2022 hak cipta EC00202273113
21 Video sinematografi (Video Instrumen Musik Botol Kaca) 2022 hak cipta EC00202277943
22 Implementasi Proyek Pemanfaatan Botol Bekas Sebagai Media Bercocok Tanam Hidroponik Pada Masyarakat 2022 hak cipta EC00202234371
23 Perangkat Pembelajaran Daring Kelas I SD/Tema 4/Subtema 1/Pembelajaran 4 2022 hak cipta EC00202234384
24 Perangkat Pembelajaran Daring Kelas I SD/Tema 4/Subtema 1/Pembelajaran 4 2022 hak cipta EC00202234388
25 Proyek Daur Ulang Sampah Sebagai Desain Pembelajaran STEAM 2022 hak cipta EC00202283404