Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd.

Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd., lahir di Surabaya pada tanggal 06-10-1984 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 0 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 6. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 15. Memiliki karya buku sebanyak 2. Memperoleh HKI sebanyak 3.

Identitas Diri

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Dasar-dasar Geografi Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
2 2024 ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SPASIAL GURU DALAM PEMANFAATAN RUANG PUBLIK SEBAGAI SARANA KEGIATAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENUNJANG PARIWISATA DI KOTA SURABAYA
3 2024 Pengembangan Laboratorium Virtual Geospasial Berbasis Mobile Apps Untuk Mata Kuliah Teori Geografi
4 2023 OPTIMALISASI BONUS DEMOGRAFI MELALUI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL
5 2024 Pengembangan Kemampuan Berpikir Ilmiah dengan Pembelajaran Team-based Projek pada Mahasiswa Pendidikan IPS
6 2024 Pengaruh Supervisi kepala sekolah, Metode Pembelajaran, Komunikasi, Pengelolaan Kelas, dan Lingkungan Sekolah, Terhadap Kemampuan Manajemen Pembelajaran Guru di Kalimantan Selatan
7 2023 ANALISIS POLA MIGRASI SIRKULER MAHASISWA TERHADAP BUDAYA ORGANISASI MAHASISWA (ORMAWA) DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
8 2023 Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis “AKM Like” untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Geografi Peserta Didik Kelas XI SMA
9 2024 Pengembangan E-LKM Berbasis VR-Mobile Apps Jenjang Pendidikan Tinggi
10 2024 Pengelolaan Obyek Wisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Geografi: Studi Kasus Wisata Budaya Desa Panglipuran di Bali, Indonesia.

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2023 Pelatihan Pembelajaran Tematik Rumpun Mata Pelajaran IPS di SMA Kelas 10 (Implementasi Kurikulum Merdeka fase E pada Pembelajaran Intrakurikuler)
2 2024 Pelatihan Praktik Pembelajaran Literasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu
3 2024 Pelatihan Kepenulisan Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Publikasi Karya Ilmiah Guru Rumpun Ilmu Sosial di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo
4 2024 Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaaan Berbasis Literasi Digital Pada Pelajar Indonesia di Kota Manila, Filipina
5 2023 Workshop Digital Marketing Strategy Produk Usaha Mikro Berbasis Pondok Pesantren
6 2023 Pelatihan Praktik Pembelajaran Literasi dengan Model LOK-R dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Kabupaten Bangkalan

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Development of E-Learning, Mobile Apps, Character Building, and Outdoor Study (EMCO Learning Model) to Improve Geography Outcomes in the 21st Century International Journal of Interactive Mobile Technologies 15 /-/2021
2 Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di SMP Negeri 3 Sidoarjo. - /-/0
3 BUKU PINTAR UN GEOGRAFI SMA Media Pusindo 1, 204, 2009 - /-/2009
4 Penentuan Jalur Alternatif Transportasi Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan di Jalan Ahmad Yani Surabaya JURNAL GEOGRAFI Geografi dan Pengajarannya, 2010 - /-/2010
5 Pengembangan multimedia materi SIG untuk SMA Universitas Negeri Malang, 2015 - /-/2015
6 Penerapan Metode Outdoor Study Berbasis Geotracking untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Penguatan Karakter Siswa Kelas XI IPS SMA Wachid Hasyim 2 Taman PROSIDING DISEMINASI HASIL PENGALAMAN TERBAIK PEMILIHAN GURU SMA DAN SMK …, 2017 - /-/2017
7 Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flipped Learning Pada Materi Sistem Informasi Geografis Untuk Pendidikan Sekolah Menengah Atas JOURNAL OF RESIDU 1 (2), 114-123, 2018 - /-/2018
8 Buku Model Earthcomm Berbasis Mobile Learning-Outdoor Study Universitas Negeri Malang 1, 99, 2021 - /-/2021
9 Pengembangan S-Health Sebagai Management Initiative Menuju Sekolah Tangguh di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID19 Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SNP2M) 1 (1 …, 2021 - /-/2021
10 Development of e-learning, mobile apps, character building, and outdoor study (EMCO learning model) to improve geography outcomes in the 21st century International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM) 15 (7), 107-122, 2021 - /-/2021
11 Makna Makna Simbolik Tradisi Haul Punden Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila SOSEARCH: Social Science Educational Research 3 (1), 12-24, 2022 - /-/2022
12 Development of Mobile Learning App Based on Islamic and Science Integration to Improve Student Learning Outcomes Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan 7 (1), 219-235, 2022 - /-/2022
13 The collaboration learning interactive multimedia using traditional games" Benteng-Bentengan" in geography subject for high schools - /-/2022
14 TEACHER'S PERCEPTION OF ENVIRONMENT PROJECT-BASED COLLABORATIVE LEARNING AS STRENGTHENING IMPLEMENTATION CURRICULUM OF MERDEKA J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 9 (2), 2023 - /-/2023
15 POTENSI MANGROVE WONOREJO PAMURBAYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha 11 (2), 188-195, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Buku model earthcomm berbasis mobile learning-outdoor study 2021 Universitas Negeri Malang
2 Buku Pintar UN Geografi SMA 2009 Media Pusindo

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Dokumen Rencana Strategis FISIPOL Unesa 2024-2028 2023 hak cipta EC002023131950
2 Environment Project-Based Collaborative Learning 2023 hak cipta EC002023132572
3 Modul Penguatan Manajemen Koperasi Pondok Pesantren Al-Fatimah 2023 hak cipta EC00202392970