Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd.

Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd., lahir di Surabaya pada tanggal 06-10-1984 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 23 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 10. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 49. Memiliki karya buku sebanyak 4. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 1. Memperoleh HKI sebanyak 4.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S3
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Malang
Bidang Ilmu Pendidikan Geografis
Tahun Masuk-Lulus 2019 - 2021
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Pengembangan Model Earthcomm Berbasis Mobile Learning-Outdoor Study Objek Wisata Alam (OWA) untuk Meningkatkan kemampuan Berkolaborasi dan Berfikir Kritis Siswa SMA pada Materi Biosfer
Nama Pembimbing/Promotor -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Dasar-Dasar Pendidikan
2 Geografi Indonesia
3 Geografi Regional Dunia
4 Kajian Keberlanjutan dan Perubahan Sosial,Ekonomi,Politik, Budaya
5 Kajian Kemaritiman
6 Kajian Pembangunan Politik, Demokrasi dan Hubungan Internasional
7 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
8 Kewarganegaraan
9 Komunikasi Pedagogik dan Edutainment
10 Laboratorium IPS
11 Magang Riset-Penganalisisan Data
12 Pancasila
13 Pendidikan Abad ke-21
14 Pendidikan Abad Ke-21
15 PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
16 Pendidikan Nilai dan karakter
17 Penelitian Tindakan Kelas
18 Perencanaan Pembelajaran
19 PLK Tematik
20 PLP-Manajemen Sekolah
21 Teori Ilmu Geografi
22 Teori Politik
23 Tugas Akhir

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 MENGUNGKAP MASALAH PEMBELAJARAN: KETERAMPILAN APA YANG DIBUTUHKAN SISWA DAN GURU? (STUDI KASUS DI KOTA KINABALU, MALAYSIA) Litabmas
2 2024 MENGUNGKAP MASALAH PEMBELAJARAN: KETERAMPILAN APA YANG DIBUTUHKAN SISWA DAN GURU? (STUDI KASUS DI KOTA KINABALU, MALAYSIA) Litabmas
3 2024 MENGUNGKAP MASALAH PEMBELAJARAN: KETERAMPILAN APA YANG DIBUTUHKAN SISWA DAN GURU? (STUDI KASUS DI KOTA KINABALU, MALAYSIA) Litabmas
4 2024 MENGUNGKAP MASALAH PEMBELAJARAN: KETERAMPILAN APA YANG DIBUTUHKAN SISWA DAN GURU? (STUDI KASUS DI KOTA KINABALU, MALAYSIA) Litabmas
5 2024 MENGUNGKAP MASALAH PEMBELAJARAN: KETERAMPILAN APA YANG DIBUTUHKAN SISWA DAN GURU? (STUDI KASUS DI KOTA KINABALU, MALAYSIA) Litabmas
6 2024 MENGUNGKAP MASALAH PEMBELAJARAN: KETERAMPILAN APA YANG DIBUTUHKAN SISWA DAN GURU? (STUDI KASUS DI KOTA KINABALU, MALAYSIA) Litabmas
7 2024 MENGUNGKAP MASALAH PEMBELAJARAN: KETERAMPILAN APA YANG DIBUTUHKAN SISWA DAN GURU? (STUDI KASUS DI KOTA KINABALU, MALAYSIA) Litabmas
8 2024 MENGUNGKAP MASALAH PEMBELAJARAN: KETERAMPILAN APA YANG DIBUTUHKAN SISWA DAN GURU? (STUDI KASUS DI KOTA KINABALU, MALAYSIA) Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Dasar-dasar Geografi Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
2 2024 Pengembangan Laboratorium Virtual Geospasial Berbasis Mobile Apps Untuk Mata Kuliah Teori Geografi
3 2024 Mengungkap Masalah Pembelajaran: Keterampilan Apa yang Dibutuhkan Siswa dan Guru? (Studi Kasus di Kota Kinabalu, Malaysia)
4 2023 OPTIMALISASI BONUS DEMOGRAFI MELALUI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL
5 2024 Pengembangan Kemampuan Berpikir Ilmiah dengan Pembelajaran Team-based Projek pada Mahasiswa Pendidikan IPS
6 2024 Pengaruh Supervisi kepala sekolah, Metode Pembelajaran, Komunikasi, Pengelolaan Kelas, dan Lingkungan Sekolah, Terhadap Kemampuan Manajemen Pembelajaran Guru di Kalimantan Selatan
7 2023 ANALISIS POLA MIGRASI SIRKULER MAHASISWA TERHADAP BUDAYA ORGANISASI MAHASISWA (ORMAWA) DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
8 2024 Pengembangan E-LKM Berbasis VR-Mobile Apps Jenjang Pendidikan Tinggi
9 2024 Pengelolaan Obyek Wisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Geografi: Studi Kasus Wisata Budaya Desa Panglipuran di Bali, Indonesia.
10 2023 Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis “AKM Like” untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Geografi Peserta Didik Kelas XI SMA
11 2024 PENGEMBANGAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBASIS GAMIFICATION UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
12 2024 ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SPASIAL GURU DALAM PEMANFAATAN RUANG PUBLIK SEBAGAI SARANA KEGIATAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENUNJANG PARIWISATA DI KOTA SURABAYA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2024 Pelatihan Kepenulisan Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Publikasi Karya Ilmiah Guru Rumpun Ilmu Sosial di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo
2 2025 Asta Cita di Era Digital: Membangun Keadilan Informasi dan Toleransi Beragama melalui Literasi Digital pada Masyarakat Rintisan Desa Pancasila di Desa Genilangit, Kabupaten Magetan
3 2024 Pelatihan Praktik Pembelajaran Literasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu
4 2025 Pembekalan Kewaspadaan Sosial sebagai Penguatan Asta Cita dan Karakter Pancasila di Desa Watutulis Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur
5 2023 Workshop Digital Marketing Strategy Produk Usaha Mikro Berbasis Pondok Pesantren
6 2023 Pelatihan Praktik Pembelajaran Literasi dengan Model LOK-R dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Kabupaten Bangkalan
7 2025 WORKSHOP PEMBUATAN MODUL AJAR BERBASIS AI PADA GURU-GURU IPS KABUPATEN MAGETAN
8 2023 Pelatihan Pembelajaran Tematik Rumpun Mata Pelajaran IPS di SMA Kelas 10 (Implementasi Kurikulum Merdeka fase E pada Pembelajaran Intrakurikuler)
9 2024 Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaaan Berbasis Literasi Digital Pada Pelajar Indonesia di Kota Manila, Filipina
10 2025 PENGUATAN NILAI-NILAI IDENTITAS BANGSA DALAM MENGHADAPI PENGARUH BUDAYA GLOBAL BAGI PELAJAR INDONESIA DI TAIWAN

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Development of E-Learning, Mobile Apps, Character Building, and Outdoor Study (EMCO Learning Model) to Improve Geography Outcomes in the 21st Century International Journal of Interactive Mobile Technologies 15 /-/2021
2 The Development of Geomobile App-Based Outdoor Study to Improve Critical-Social Abilities and Collaborative in the 21st Century International Journal of Interactive Mobile Technologies 17 /-/2023
3 THE POTENTIAL OF TOURISM VILLAGES BASED LEARNSCAPE AS A GEOGRAPHY LEARNING RESOURCE (CASE STUDY IN PANGLIPURAN, BALI) Geojournal of Tourism and Geosites 57 /-/2024
4 The use of three-dimensional media in the shape of the Earth’s surface to optimize the knowledge of blind students in social science subjects British Journal of Visual Impairment - /-/2025
5 Unraveling social and economic problems: what basics of critical thinking skills are needed? International Journal of Evaluation and Research in Education 14 /-/2025
6 Eksistensi Generasi Muda Pada Kesenian Bantengan Di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto - /-/0
7 Pengaruh Regulasi Diri Dan Prokrastinasi Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Pengenalan Lapangan Persekolahan Tahun 2022 - /-/0
8 Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di SMP Negeri 3 Sidoarjo. - /-/0
9 Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial - /-/0
10 BUKU PINTAR UN GEOGRAFI SMA Media Pusindo 1, 204, 2009 - /-/2009
11 Penentuan Jalur Alternatif Transportasi Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan di Jalan Ahmad Yani Surabaya JURNAL GEOGRAFI Geografi dan Pengajarannya, 2010 - /-/2010
12 Pengembangan multimedia materi SIG untuk SMA Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Geografi, 2015 - /-/2015
13 Penerapan Metode Outdoor Study Berbasis Geotracking untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Penguatan Karakter Siswa Kelas XI IPS SMA Wachid Hasyim 2 Taman PROSIDING DISEMINASI HASIL PENGALAMAN TERBAIK PEMILIHAN GURU SMA DAN SMK …, 2017 - /-/2017
14 Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flipped Learning Pada Materi Sistem Informasi Geografis Untuk Pendidikan Sekolah Menengah Atas JOURNAL OF RESIDU 1 (2), 114-123, 2018 - /-/2018
15 Buku Model Earthcomm Berbasis Mobile Learning-Outdoor Study Universitas Negeri Malang 1, 99, 2021 - /-/2021
16 Pengembangan S-Health Sebagai Management Initiative Menuju Sekolah Tangguh di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID19 Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SNP2M) 1 (1 …, 2021 - /-/2021
17 Development of e-learning, mobile apps, character building, and outdoor study (EMCO learning model) to improve geography outcomes in the 21st century International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM) 15 (7), 107-122, 2021 - /-/2021
18 The collaboration learning interactive multimedia using traditional games" Benteng-Bentengan" in geography subject for high schools - /-/2022
19 Makna Makna Simbolik Tradisi Haul Punden Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila SOSEARCH: Social Science Educational Research 3 (1), 12-24, 2022 - /-/2022
20 Development of mobile learning app based on Islamic and science integration to improve student learning outcomes Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan 7 (1), 219-235, 2022 - /-/2022
21 Strengthening The Character of Patriotism Through Cultural Activities in School International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023), 922-928, 2023 - /-/2023
22 TEACHER'S PERCEPTION OF ENVIRONMENT PROJECT-BASED COLLABORATIVE LEARNING AS STRENGTHENING IMPLEMENTATION CURRICULUM OF MERDEKA J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 9 (2), 2023 - /-/2023
23 Implementation of learning through research internships for social science education students in micro enterprises at the al-fatimah bojonegoro pondok pesantren LANGGAM: International Journal of Social Science Education, Art and Culture …, 2023 - /-/2023
24 Analisis Potensi Ekosistem Mangrove Center Tuban Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Lingkungan Bahari Dalam Pembelajaran IPS SOSEARCH: Social Science Educational Research 3 (2), 66-80, 2023 - /-/2023
25 POTENSI MANGROVE WONOREJO PAMURBAYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha 11 (2), 188-195, 2023 - /-/2023
26 Persepsi Guru IPS Pada Pencapaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Kabupaten Sidoarjo Dialektika Pendidikan IPS 3 (3), 217 – 227, 2023 - /-/2023
27 Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Dialektika 3 (Pendidikan IPS), 95-104, 2023 - /-/2023
28 The Development of Geomobile App-Based Outdoor Study to Improve Critical-Social Abilities and Collaborative in the 21st Century. International Journal of Interactive Mobile Technologies 17 (24), 2023 - /-/2023
29 Pengembangan Media Pembelajaran Jenga IPS (JIPS) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Materi Peran Pelaku Ekonomi Jurnal Dialektika Pendidikan IPS 3 (2), 118-127, 2023 - /-/2023
30 THE PROBLEM OF COOPERATIVE MANAGEMENT DEVELOPMENT (A CASE STUDY AT AL-FATIMAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL IN BOJONEGORO) International Conference On Social Science Education Proceeding 1, 9-16, 2023 - /-/2023
31 Pengaruh model pembelajaran project based learning menggunakan media scrapbook dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa Jurnal Dialektika Pendidikan IPS 3 (2), 226-238, 2023 - /-/2023
32 Problematika Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS SMP Pasca Pandemi (Studi Fenomenologi Di MTS Ma'arif Ketegan Tanggulangin) Jurnal Dialektika Pendidikan IPS 3 (3), 177-187, 2023 - /-/2023
33 Development of Student Creativity in Social Studies Learning Based on Infographic Project Technium Soc. Sci. J. 50, 106, 2023 - /-/2023
34 Evaluation of Mojokerto City Regional Expansion as a Sustainable Effort for Service Center Functions 4th International Conference on Social Sciences and Law (ICSSL 2024), 167-179, 2024 - /-/2024
35 Revealing the Independent Campus Learning Program (MB-KM) in Sustainable on Increasing The Competency of Geography Education Students IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 1406 (1), 012027, 2024 - /-/2024
36 Analysis of Student Circular Migration Patterns towards Student Organization Culture (Ormawa) at Surabaya State University International Journal of Emerging Research and Review 2 (3), 000078-000078, 2024 - /-/2024
37 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Kerjasama Pada Pembelajaran IPS Jurnal Dialektika Pendidikan IPS 4 (3), 165-178, 2024 - /-/2024
38 Studi Eksplorasi Tradisi Mendhak Sanggring Untuk Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Jurnal Dialektika Pendidikan IPS 4 (3), 264-278, 2024 - /-/2024
39 Pengaruh Media Poster Digital Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 09 Gresik Jurnal Dialektika Pendidikan IPS 4 (3), 105-113, 2024 - /-/2024
40 Circular Migration Pattern and Their Impact on Academic Procrastination of Social Sciences Education Students, State University of Surabaya 4th International Conference on Social Sciences and Law (ICSSL 2024), 88-96, 2024 - /-/2024
41 Ecoprint: Meningkatkan Kepedulian Lingkungan dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Project Based Learning SOSEARCH: Social Science Educational Research 5 (1), 57-70, 2024 - /-/2024
42 Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Project sebagai Upaya Pengembangan Ecoliteracy Siswa SMP Muhammadiyah 2 Taman Jurnal Dialektika Pendidikan IPS 4 (3), 255-263, 2024 - /-/2024
43 Effectiveness Case Based Outdoor Learning to Improve the Ability Writing Scientific on Social Sciences Education Students Proceedings of the International Conference on Social Studies Education …, 2024 - /-/2024
44 Potensi Ajaran Catur Piwulang Sunan Drajat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS SMP Jurnal Dialektika Pendidikan IPS 4 (3), 13-20, 2024 - /-/2024
45 Pengembangan Bahan Ajar Booklet Berbasis Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keberagaman Aktivitas Ekonomi Jurnal Dialektika Pendidikan IPS 4 (4), 33-48, 2024 - /-/2024
46 Education for Sustainable Development: Ex-Situ Learning Improving Natural Resources Analysis Skills Students Proceedings of the International Conference on Social Studies Education …, 2024 - /-/2024
47 THE POTENTIAL OF TOURISM VILLAGES BASED LEARNSCAPE AS A GEOGRAPHY LEARNING RESOURCE (CASE STUDY IN PANGLIPURAN, BALI) Geojournal of Tourism and Geosites 57, 2164-2175, 2024 - /-/2024
48 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas VII Pada Materi Sumber Daya Alam di SMPN 40 Surabaya Jurnal Dialektika Pendidikan IPS 4 (3), 279-294, 2024 - /-/2024
49 The use of three-dimensional media in the shape of the Earth’s surface to optimize the knowledge of blind students in social science subjects British Journal of Visual Impairment, 02646196241301052, 2025 - /-/2025

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Buku model earthcomm berbasis mobile learning-outdoor study 2021 Universitas Negeri Malang
2 Buku Pintar UN Geografi SMA 2009 Media Pusindo
3 47 Jurus Pembelajaran yang Berpihak pada Murid 2024 CV KLIK MEDIA
4 Kearifan politik desa : penopang tujuan pembangunan berkelanjutan 2024 CV. Penerbit Lakeisha

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 IOP Conference Series: Earth and Environmental Science Revealing the Independent Campus Learning Program (MB-KM) in Sustainable on Increasing The Competency of Geography Education Students 2024

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Environment Project-Based Collaborative Learning 2023 hak cipta EC002023132572
2 Modul Penguatan Manajemen Koperasi Pondok Pesantren Al-Fatimah 2023 hak cipta EC00202392970
3 Dokumen Rencana Strategis FISIPOL Unesa 2024-2028 2023 hak cipta EC002023131950
4 RISK REGISTER Manajemen Resiko Bidang Pendidikan 2024 hak cipta EC00202405742