Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd.

Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd., lahir di Surabaya pada tanggal 06-10-1984 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 20 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 6. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 23. Memiliki karya buku sebanyak 2. Memperoleh HKI sebanyak 3.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S3
Nama Perguruan Tinggi Universitas Negeri Malang
Bidang Ilmu Pendidikan Geografis
Tahun Masuk-Lulus 2019 - 2021
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi Pengembangan Model Earthcomm Berbasis Mobile Learning-Outdoor Study Objek Wisata Alam (OWA) untuk Meningkatkan kemampuan Berkolaborasi dan Berfikir Kritis Siswa SMA pada Materi Biosfer
Nama Pembimbing/Promotor -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Dasar-Dasar Pendidikan
2 Geografi Indonesia
3 Kajian Keberlanjutan dan Perubahan Sosial,Ekonomi,Politik, Budaya
4 Kajian Pembangunan Politik, Demokrasi dan Hubungan Internasional
5 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
6 Kewarganegaraan
7 Komunikasi Pedagogik dan Edutainment
8 Laboratorium IPS
9 Magang Riset-Penganalisisan Data
10 Pancasila
11 Pendidikan Abad ke-21
12 Pendidikan Abad Ke-21
13 PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
14 Pendidikan Nilai dan karakter
15 Penelitian Tindakan Kelas
16 Perencanaan Pembelajaran
17 PLK Tematik
18 PLP-Manajemen Sekolah
19 Teori Ilmu Geografi
20 Teori Politik

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Dasar-dasar Geografi Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
2 2024 Pengembangan Laboratorium Virtual Geospasial Berbasis Mobile Apps Untuk Mata Kuliah Teori Geografi
3 2024 Mengungkap Masalah Pembelajaran: Keterampilan Apa yang Dibutuhkan Siswa dan Guru? (Studi Kasus di Kota Kinabalu, Malaysia)
4 2023 OPTIMALISASI BONUS DEMOGRAFI MELALUI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL
5 2024 Pengembangan Kemampuan Berpikir Ilmiah dengan Pembelajaran Team-based Projek pada Mahasiswa Pendidikan IPS
6 2024 Pengaruh Supervisi kepala sekolah, Metode Pembelajaran, Komunikasi, Pengelolaan Kelas, dan Lingkungan Sekolah, Terhadap Kemampuan Manajemen Pembelajaran Guru di Kalimantan Selatan
7 2023 ANALISIS POLA MIGRASI SIRKULER MAHASISWA TERHADAP BUDAYA ORGANISASI MAHASISWA (ORMAWA) DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
8 2023 Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis “AKM Like” untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Geografi Peserta Didik Kelas XI SMA
9 2024 Pengembangan E-LKM Berbasis VR-Mobile Apps Jenjang Pendidikan Tinggi
10 2024 Pengelolaan Obyek Wisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Geografi: Studi Kasus Wisata Budaya Desa Panglipuran di Bali, Indonesia.
11 2024 PENGEMBANGAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBASIS GAMIFICATION UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
12 2024 ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SPASIAL GURU DALAM PEMANFAATAN RUANG PUBLIK SEBAGAI SARANA KEGIATAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENUNJANG PARIWISATA DI KOTA SURABAYA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2023 Pelatihan Pembelajaran Tematik Rumpun Mata Pelajaran IPS di SMA Kelas 10 (Implementasi Kurikulum Merdeka fase E pada Pembelajaran Intrakurikuler)
2 2024 Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaaan Berbasis Literasi Digital Pada Pelajar Indonesia di Kota Manila, Filipina
3 2024 Pelatihan Kepenulisan Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Publikasi Karya Ilmiah Guru Rumpun Ilmu Sosial di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo
4 2024 Pelatihan Praktik Pembelajaran Literasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu
5 2023 Workshop Digital Marketing Strategy Produk Usaha Mikro Berbasis Pondok Pesantren
6 2023 Pelatihan Praktik Pembelajaran Literasi dengan Model LOK-R dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Kabupaten Bangkalan

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Development of E-Learning, Mobile Apps, Character Building, and Outdoor Study (EMCO Learning Model) to Improve Geography Outcomes in the 21st Century International Journal of Interactive Mobile Technologies 15 /-/2021
2 The Development of Geomobile App-Based Outdoor Study to Improve Critical-Social Abilities and Collaborative in the 21st Century International Journal of Interactive Mobile Technologies 17 /-/2023
3 Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di SMP Negeri 3 Sidoarjo. - /-/0
4 BUKU PINTAR UN GEOGRAFI SMA Media Pusindo 1, 204, 2009 - /-/2009
5 Penentuan Jalur Alternatif Transportasi Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan di Jalan Ahmad Yani Surabaya JURNAL GEOGRAFI Geografi dan Pengajarannya, 2010 - /-/2010
6 Pengembangan multimedia materi SIG untuk SMA Universitas Negeri Malang, 2015 - /-/2015
7 Penerapan Metode Outdoor Study Berbasis Geotracking untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Penguatan Karakter Siswa Kelas XI IPS SMA Wachid Hasyim 2 Taman PROSIDING DISEMINASI HASIL PENGALAMAN TERBAIK PEMILIHAN GURU SMA DAN SMK …, 2017 - /-/2017
8 Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flipped Learning Pada Materi Sistem Informasi Geografis Untuk Pendidikan Sekolah Menengah Atas JOURNAL OF RESIDU 1 (2), 114-123, 2018 - /-/2018
9 Development of E-Learning, Mobile Apps, Character Building, and Outdoor Study (EMCO Learning Model) to Improve Geography Outcomes in the 21st Century International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM) 15 (7), -, 2021 - /-/2021
10 Pengembangan S-Health Sebagai Management Initiative Menuju Sekolah Tangguh di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID19 Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SNP2M) 1 (1 …, 2021 - /-/2021
11 Buku Model Earthcomm Berbasis Mobile Learning-Outdoor Study Universitas Negeri Malang 1, 99, 2021 - /-/2021
12 Development of mobile learning app based on Islamic and science integration to improve student learning outcomes Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan 7 (1), 219-235, 2022 - /-/2022
13 Implementation of Learning Through Research Internships for Social Science Education Students in Micro Enterprises at the Al-Fatimah Bojonegoro Pondok Pesantren LANGGAM: International Journal of Social Science Education, Art and Culture …, 2023 - /-/2023
14 Analisis Potensi Ekosistem Mangrove Center Tuban Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Lingkungan Bahari Dalam Pembelajaran IPS SOSEARCH: Social Science Educational Research 3 (2), 66-80, 2023 - /-/2023
15 Teacher's Perception of Environment Project-Based Collaborative Learning as Strengthening Implementation Curriculum of Merdeka J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 9 (2), 100-114, 2023 - /-/2023
16 Development of Student Creativity in Social Studies Learning Based on Infographic Project Technium Soc. Sci. J. 50, 106, 2023 - /-/2023
17 Persepsi Guru IPS Pada Pencapaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Kabupaten Sidoarjo Dialektika Pendidikan IPS 3 (3), 217 – 227, 2023 - /-/2023
18 Strengthening The Character of Patriotism Through Cultural Activities in School International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023), 922-928, 2023 - /-/2023
19 The Development of Geomobile App-Based Outdoor Study to Improve Critical-Social Abilities and Collaborative in the 21st Century. International Journal of Interactive Mobile Technologies 17 (24), 2023 - /-/2023
20 Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Dialektika 3 (Pendidikan IPS), 95-104, 2023 - /-/2023
21 Pengembangan Media Pembelajaran Jenga IPS (JIPS) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Materi Peran Pelaku Ekonomi Dialektika Pendidikan IPS 2 (3), 118 – 127, 2023 - /-/2023
22 POTENSI MANGROVE WONOREJO PAMURBAYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha 11 (2), 188-195, 2023 - /-/2023
23 Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dialektika Pendidikan IPS 2 (3), 226 – 238, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1 Buku model earthcomm berbasis mobile learning-outdoor study 2021 Universitas Negeri Malang
2 Buku Pintar UN Geografi SMA 2009 Media Pusindo

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 Dokumen Rencana Strategis FISIPOL Unesa 2024-2028 2023 hak cipta EC002023131950
2 Environment Project-Based Collaborative Learning 2023 hak cipta EC002023132572
3 Modul Penguatan Manajemen Koperasi Pondok Pesantren Al-Fatimah 2023 hak cipta EC00202392970