Dr. Oka Saputra, M.Pd

Dr. Oka Saputra, M.Pd, lahir di Palu pada tanggal 28-12-1993 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 27 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 6. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 23. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 6.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S3
Nama Perguruan Tinggi UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
Bidang Ilmu Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Masuk-Lulus 2017 - 2020
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi -
Nama Pembimbing/Promotor -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Augmented-Virtual reality dalam pembelajaran fisika
2 Bahasa Inggris
3 ENGLISH FOR PHYSICS
4 Etnofisika
5 Evaluasi Program Pendidikan Fisika
6 Filsafat dan Kurikulum Pendidikan Fisika
7 Fisika Audiovisual
8 Fisika Dasar II
9 Fisika Umum
10 Gelombang
11 Internship
12 Kearifan Lokal Fisika
13 KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO
14 Kewirausahaan
15 Konservasi Sumber Daya Alam
16 Laboratorium Fisika
17 Listrik Magnet dan Optik Dasar
18 Literasi Fisika
19 Media Pembelajaran Fisika
20 Metodologi Penelitian
21 Multimedia
22 Pengembangan Bahan Ajar
23 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika
24 Perencanaan Pembelajaran
25 PLP-Pengembangan Bahan Ajar
26 Sistem Pengukuran Fisika
27 Teori Belajar

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2023 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 5E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA Litabmas
2 2023 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 5E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA Litabmas
3 2023 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 5E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA Litabmas
4 2023 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 5E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA Litabmas
5 2024 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA BERORIENTASI PADA KEAROFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Litabmas
6 2024 PEGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 7E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA Litabmas
7 2024 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA BERORIENTASI PADA KEAROFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Litabmas
8 2024 PEGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 7E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA Litabmas
9 2024 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA BERORIENTASI PADA KEAROFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Litabmas
10 2024 PEGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 7E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA Litabmas
11 2024 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA BERORIENTASI PADA KEAROFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Litabmas
12 2024 PEGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 7E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA Litabmas
13 2024 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA BERORIENTASI PADA KEAROFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Litabmas
14 2024 PEGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 7E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA Litabmas
15 2023 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 5E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA Litabmas
16 2024 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA BERORIENTASI PADA KEAROFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Litabmas
17 2024 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA BERORIENTASI PADA KEAROFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Litabmas
18 2024 PEGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 7E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA Litabmas
19 2024 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA BERORIENTASI PADA KEAROFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Litabmas

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2025 Pengembangan Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Program Studi S-2 Pendidikan Fisika Metode Team Based Project Dan Case Method
2 2025 Inovasi Media Ajar Digital Interaktif dengan Pendekatan Deep Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika
3 2024 Rintisan Pengembangan Smart Physics Interactive Educational Tools “SPINET”: Inovasi Pembelajaran Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
4 2023 Persepsi Calon Guru Fisika Tentang Teorema Torricelli Pada Pembelajaran Fluida Statis Dengan Metode Video Analisis Tracker
5 2024 Pegembangan Model Pembelajaran 7E-POW (Predict-Observe-Write) Berbantuan Simulasi Virtual untuk Menurunkan Kuantitas Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru pada Topik Fluida
6 2023 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN FISIKA METODE TEAM BASED PROJECT
7 2023 Strategi Masyarakat Desa Compreng, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban dalam Mengusir Hama Burung di Lahan Pertanian Sawah: Kajian Etnofisika
8 2024 Hybrid Energy Learning Project (HELP): Sebuah Program Pembelajaran untuk Mengomunikasikan Energi Terbarukan pada Calon Guru Fisika
9 2024 Implementasi Model Project Based Learning dalam Pengembangan Media Pembelajaran Slide Interaktif untuk Meningkatkan Kreativitas Calon Guru Fisika
10 2024 Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika Berorientasi pada Kearofan Lokal untuk meningkatkan Pemahaman Konsep
11 2025 Studi Komparatif: Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Menggunakan Media Pembelajaran
12 2024 Analisis Kesalahan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa: Studi Kasus di FMIPA Universitas Negeri Surabaya
13 2023 Renewable Energy Learning Tecnology (RELT): Alat Bantu untuk Mengkomunikasikan Energi Terbarukan pada Perkuliahan KSDAL
14 2023 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 5E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA
15 2024 Pengembangan PhyE-Mod (Physics E-Module) Berbasis Kearifan Lokal Damar Kurung Gresik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
16 2024 Renewable Energy Learning Technology (RELT): Alat Bantu untuk Mengomunikasikan Energi Terbarukan pada Perkuliahan KSDAL

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2023 Implementasi Filtrasi Air Laut Berbasis Ziolite sebagai Pengikat Garam Alami untuk Persediaan Air Bersih di Desa Sidomulyo Pacitan
2 2023 Pelatihan KIR dan Penggunaan alat peraga IPA sederhana bagi guru dan siswa MTs YKUI Maskumabang
3 2025 Pemanfaatan Rempah-Rempah Tradisional Indonesia sebagai Pendukung Kesehatan Holistik di lingkungan Mahasiswa Indonesia Asia
4 2025 Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Sanitasi Berbasis Komunitas pada Program ‘Sampahku, Tanggung Jawabku’: di kelompok Masyarakat Berkah, Wage-Sidoarjo.
5 2024 PELATIHAN PEMBUATAN KIT ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU FISIKA DI NGANJUK
6 2025 Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Fisika Kreatif dan Ramah Lingkungan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Fisika Di Trenggalek

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Analysis of students’ misconception using four tier diagnostic test on fluid topics International Journal of Advanced Science and Technology 29 /-/2020
2 Herlinawati. 2017.“ Rancang Bangun Sistem Keamanan Kendaraan Bermotor Berbasis GPS (Global …, 0 - /-/0
3 Nurjannah., & Mansyur, J.(2014). Pengaruh problem-based learning menggunakan praktikum alat sederhana terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 7 Palu Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) 2 (2), 0 - /-/0
4 Pengaruh Problem-Based Learning Menggunakan Praktikum Alat Sederhana Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 7 Palu JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 2 (2), 36-42, 2014 - /-/2014
5 RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS GPS (Global Positioning System) DAN KONEKSI BLUETOOTH. Fakultas Teknik, 2015 - /-/2015
6 Identifikasi miskonsepsi siswa sekolah menengah atas (sma) pada topik fluida dinamis Jurnal Kreatif Online 7 (3), 2017 - /-/2017
7 Pengaruh Pendekatan Conceptual Problem Solving terhadap Problem Solving dan Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri 3 Palu JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 6 (2), 38-46, 2018 - /-/2018
8 Revolusidalam Perkembangan Astronomi: Hilangnya Pluto Dalam Keanggotaan Planet Pada Sistem Tata Surya Jurnal Filsafat Indonesia 1 (2), 71-74, 2018 - /-/2018
9 RANCANG BANGUN PENGIPAS PADI OTOMATIS MENGGUNAKAN SOLAR CELL Politeknik Negeri Padang, 2019 - /-/2019
10 Miskonsepsi siswa SMA pada topik fluida Prosiding Seminar Nasional Lontar Physics Forum, 65-72, 2019 - /-/2019
11 Identification of student misconception about static fluid Journal of Physics: Conference Series 1157 (3), 032069, 2019 - /-/2019
12 Teacher’s conception about static fluid Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022010, 2020 - /-/2020
13 Analysis of students’ misconception using four tier diagnostic test on fluid topics International Journal of Advanced Science and Technology 29 (1), 1256-1266, 2020 - /-/2020
14 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 5E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI SISWA SMA PADA TOPIK FLUIDA Universitas Pendidikan Indonesia, 2020 - /-/2020
15 The analysis of student kinesthetic learning activity on the materials of Compton and photoelectric effects Journal of Physics: Conference Series 2126 (1), 012015, 2021 - /-/2021
16 The development of 5E-POW (predict-observe-write) learning model assisted by virtual simulation to reduce the quantity of high school students’ misconceptions on fluid topics Journal of Physics: Conference Series 1806 (1), 012030, 2021 - /-/2021
17 Development of Virtual Simulation to Reduce the Number of High School Students' Misconceptions about Fluid Topics JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 12 (1), 100-107, 2022 - /-/2022
18 Improving Critical thinking skills (CTS) of students through wave energy learning project (WELP) on environmental physics lecture Journal of Physics: Conference Series 2392 (1), 012038, 2022 - /-/2022
19 Pengolahan limbah ampas teh, cangkang telur dan styrofoam sebagai adsorben untuk meningkatkan kualitas limbah laundry (air deterjen) Prosiding Seminar Nasional Fisika 2 (1), 242-249, 2023 - /-/2023
20 Pengembangan Media Pembelajaran ARDI (AR-Digital Book) Berbasis Augmented Reality 3D Animated Pada Materi Induksi Elektromagnetik Inovasi Pendidikan Fisika 12 (2), 54-64, 2023 - /-/2023
21 Dasar-Dasar Pengembangan Bahan Ajar: Berorientasi pada Pembelajaran Berbasis Proyek Mitra Edukasi dan Publikasi, 2023 - /-/2023
22 Identification of Student Misconception about Dynamic Fluid European Online Journal of Natural and Social Sciences 12 (1), pp. 43-52, 2023 - /-/2023
23 Development of Predict-Observe-Write (POW) learning model to improve student’s understanding of concepts on the topic of fluids Journal of Physics: Conference Series 2684 (1), 012005, 2024 - /-/2024

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series Identification of student misconception about static fluid 2019
2 Journal of Physics: Conference Series Teacher's conception about static fluid 2020
3 Journal of Physics: Conference Series The development of 5E-POW (predict-observe-write) learning model assisted by virtual simulation to reduce the quantity of high school students' misconceptions on fluid topics 2021
4 Journal of Physics: Conference Series The analysis of student kinesthetic learning activity on the materials of Compton and photoelectric effects 2021
5 Journal of Physics: Conference Series Improving Critical Thinking Skills (CTS) of Students Through Wave Energy Learning Project (WELP) on Environmental Physics Lecture 2022
6 Journal of Physics: Conference Series Development of Predict-Observe-Write (POW) learning model to improve student's understanding of concepts on the topic of fluids 2024

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor