Dr. Muhammad Satriawan, M.Pd.

Dr. Muhammad Satriawan, M.Pd., lahir di Rarang, Lombok Timur pada tanggal 27-01-1988 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 23 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 3. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 52. Menjadi pemakalah seminar ilmiah sebanyak 8. Memperoleh HKI sebanyak 3.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S3
Nama Perguruan Tinggi UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
Bidang Ilmu Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Masuk-Lulus 2017 - 2021
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi -
Nama Pembimbing/Promotor -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Dasar Kependidikan
2 Edupreneur Fisika
3 ENGLISH FOR PHYSICS
4 Fisika Audiovisual
5 Fisika Dasar I
6 Fisika Dasar II
7 Fisika Umum
8 KAJIAN PENELITIAN DAN INOVASI PENDIDIKAN FISIKA
9 KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO
10 Kewirausahaan
11 Konservasi Sumber Daya Alam
12 Kurikulum Sekolah
13 Listrik Magnet
14 Literasi Fisika
15 Media Pembelajaran Fisika
16 Mekanika
17 Multimedia
18 Pengembangan Bahan Ajar
19 Perencanaan Pembelajaran
20 PLP-Pengembangan Bahan Ajar
21 Publikasi Ilmiah
22 Sistem Pengukuran Fisika
23 Teori Belajar

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2024 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GAMIFICATION ELECTRICAL MONSTER INVADERS (EMI) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR
2 2024 Rintisan Pengembangan Smart Physics Interactive Educational Tools “SPINET”: Inovasi Pembelajaran Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
3 2023 Persepsi Calon Guru Fisika Tentang Teorema Torricelli Pada Pembelajaran Fluida Statis Dengan Metode Video Analisis Tracker
4 2023 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN FISIKA METODE TEAM BASED PROJECT
5 2024 Pegembangan Model Pembelajaran 7E-POW (Predict-Observe-Write) Berbantuan Simulasi Virtual untuk Menurunkan Kuantitas Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru pada Topik Fluida
6 2023 KEPRAKTISAN DAN KEFEKTIFAN ONLINE PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN BUKU DIGITAL DENGAN ANIMASI 3D UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MAHASISWA TAHUN PERTAMA FMIPA
7 2023 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 5E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA
8 2024 Renewable Energy Learning Technology (RELT): Alat Bantu untuk Mengomunikasikan Energi Terbarukan pada Perkuliahan KSDAL
9 2024 Implementasi Model Project Based Learning dalam Pengembangan Media Pembelajaran Slide Interaktif untuk Meningkatkan Kreativitas Calon Guru Fisika
10 2024 Peran Teknologi VR dalam Transformasi Pembelajaran Fisika Berbasis STEM sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan Sarjana Pendidikan Fisika di Era Global
11 2023 PENGEMBANGAN MODFIA (MODUL DIGITAL FISIKA MULTIMEDIA): SEBAGAI UPAYA PENERAPAN SDGs DALAM PERKULIAHAN MULTIMEDIA JURUSAN FISIKA FMIPA UNESA
12 2024 Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika Berorientasi pada Kearofan Lokal untuk meningkatkan Pemahaman Konsep

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2023 PENINGKATAAN KOMPETENSI PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA MAGISTER DAN DOKTOR BEASISWA LPDP KELURAHAN UNESA
2 2024 Fisika Duta: Diplomasi Bathik Sebagai Identitas Negeri dengan Pendekatan Ethnoscience
3 2024 PELATIHAN PEMBUATAN KIT ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU FISIKA DI NGANJUK

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Measuring level of reflective thinking of physics pre-service teachers using effective essay argumentation Reflective Practice - /-/2020
2 Low-cost ocean wave energy converter kit as a teaching tool of a new alternative energy source Physics Education 55 /-/2020
3 Unlimited energy source: a review of ocean wave energy utilization and its impact on the environment Indonesian Journal of Science and Technology 6 /-/2021
4 Rosmiati.(2018) Kajian Aksiologi: Elaborasi Nilai-Nilai Moral dalam Konsep Mekanika sebagai …, 0 - /-/0
5 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Yang Berorientasi Pada Model Pengajaran Langsung Pada Materi Entropi Dan Perubahannya OSF Preprints, 0 - /-/0
6 Rosmiati. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Konstesktual dengan Mengintegrasikan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kisika pada Mahasiswa Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 6 (1), 1212 … - /-/0
7 Rosmiati.(2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Jurnal Penelitian Pendidikan Sains 6 (1), 0 - /-/0
8 Rosmiati. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Konstesktual dengan Mengintegrasikan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kisika pada Mahasiswa Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 6 (1), 1212 …, 0 - /-/0
9 Rosmiati.(2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Jurnal Penelitian Pendidikan Sains 6 (1) - /-/0
10 Rosmiati 2014.“ Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Yang Berorientasi Pada Model …, 0 - /-/0
11 Rosmiati 2014.“ Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Yang Berorientasi Pada Model … - /-/0
12 Teachers of Physics awards - /-/0
13 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Yang Berorientasi Pada Model Pengajaran Langsung Pada Materi Entropi Dan Perubahannya OSF Preprints - /-/0
14 IOP Conference Series: Earth and Environmental Science - /-/0
15 PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Universitas Mataram, 2010 - /-/2010
16 Keterampilan Metakognisi diakses, 2013 - /-/2013
17 Kelompok model pembelajaran personal (personal family) Terdapat pada: http://muhammadsatriawan27. blogspot. com/2012/09/kelompok …, 2013 - /-/2013
18 Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual dengan mengintegrasikan kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada mahasiswa JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 6 (1), 1212-1217, 2016 - /-/2016
19 Development of physics teaching materials based-contextual by integrated local wisdom to improve mastery of physics concept Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) 1, 200-205, 2017 - /-/2017
20 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KARAKTER MAJA LABO DAHU UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA - /-/2017
21 Pembelajaran Fisika Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasi Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 8 (2), 2017 - /-/2017
22 Learning Physics Through The Cooperative Model of the Type of TAI Observed from Metacognitive Skills Against Cognitive Learning Outcomes OSF Preprints, 2018 - /-/2018
23 Rosmiati.“ Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan …, 2018 - /-/2018
24 Pembelajaran Fisika Melalui Lesson Study Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Pendidik Dan Hasil Belajar Peserta Didik OSF Preprints, 2018 - /-/2018
25 Pembelajaran Fisika Melalui Strategi Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik OSF Preprints, 2018 - /-/2018
26 KAJIAN AKSIOLOGI: ELABORASI NILAI-NILAI MORAL DALAM KONSEP MEKANIKA SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMBENTUK GENERASI EMAS YANG BERKARAKTER OSF Preprints, 2018 - /-/2018
27 Pengambangan Perangkat Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Ambalawi Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala …, 2018 - /-/2018
28 Wave energy concept mastery relate on creative thinking skills of the pre-service physics teachers in environmental physics lectures Journal of Physics: Conference Series 1157 (3), 032044, 2019 - /-/2019
29 The ocean climate phenomenon: the challenges of earth physics lectures in Indonesia Journal of Physics: Conference Series 1157 (3), 032038, 2019 - /-/2019
30 Assessing students 21st century attitude and environmental awareness: promoting education for sustainable development through science education Journal of Physics: Conference Series 1157 (2), 022025, 2019 - /-/2019
31 Model pembelajaran berbasis nilai pendidikan karakter untuk generasi indonesia abad 21 Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 22 (2), 233-242, 2019 - /-/2019
32 Developing Education for Sustainable Development-Oriented-Character Learning Model for Indonesian Golden Generation Asian Social Science 15 (12), 87-93, 2019 - /-/2019
33 Pengembangan Model Pembelajaran Karakter ESD untuk Meningkatkan Sikap Abad 21 Siswa SMA Seminar Nasional Taman Siswa Bima 1 (1), 366-373, 2019 - /-/2019
34 Adaptasi dan Mitigasi Bencana Alam untuk Mahasiswa Calon Guru Fisika Melalui Pengembangan LKM Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 11 (1), 1-8, 2020 - /-/2020
35 Analysing of pre-service physics teachers critical thinking skills profile in ocean wave energy topic Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022041, 2020 - /-/2020
36 Analysis of Pre-Service Teachers' Reflective Thinking Ability Profile on Earth Physics Lectures Jurnal Pendidikan Fisika 8 (1), 56-63, 2020 - /-/2020
37 Low-cost ocean wave energy converter kit as a teaching tool of a new alternative energy source Physics Education 55 (5), 055019, 2020 - /-/2020
38 Fluid experiment design using video tracker and ultrasonic sensor devices to improve understanding of viscosity concept Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022039, 2020 - /-/2020
39 Physics learning based contextual problems to enhance students’ creative thinking skills in fluid topic Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022036, 2020 - /-/2020
40 Implementation of education for sustainable development to enhance Indonesian golden generation character Journal of Physics: Conference Series 1521 (4), 042102, 2020 - /-/2020
41 Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Sains Berbasis Model Pembelajaran Karakter ESD Untuk Mempersiapkan Generasi Emas 2045 OSF Preprints, 2020 - /-/2020
42 Measuring level of reflective thinking of physics pre-service teachers using effective essay argumentation Reflective Practice 21 (4), 565-586, 2020 - /-/2020
43 Preface: International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE 2021) Journal of Physics: Conference Series 2098, 011001, 2021 - /-/2021
44 A contextual semi assisted project-based learning (SA-PjBL) about ocean wave energy: Creative thinking of pre-service physics teachers Momentum: Physics Education Journal, 132-141, 2021 - /-/2021
45 Designing of Environmental Physics Course Instruments about Ocean Wave Energy to Enhance Students' Creative Thinking Skills Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) 11 (1), 1-15, 2021 - /-/2021
46 Unlimited energy source: a review of ocean wave energy utilization and its impact on the environment Indonesian Journal of Science and Technology 6 (1), 1-16, 2021 - /-/2021
47 Efektivtias Pembelajaran Ipa (Fisika) Secara Daring Melalui Model Open Ended Learning Ditengah Wabah Covid-19 Dalam Membekalkan Keterampilan Berpikir Kritis GRAVITY EDU: Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika 4 (2), 28-31, 2021 - /-/2021
48 A Contextual Semi-Assisted Project-Based Learning on Ocean Wave Energy: Pre-service Physics Teachers’ Perceptions Jurnal Pendidikan Fisika 9 (1), 1-13, 2021 - /-/2021
49 The students’ Physics Problem Solving Skills in basic physics course Journal of Physics: Conference Series 1731 (1), 012078, 2021 - /-/2021
50 PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL MATERI KEBUMIAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IKLIM DI INDONESIA OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 6 (2), 177-189, 2022 - /-/2022
51 Simple Floating Ocean Wave Energy Converter: Developing Teaching Media to Communicating Alternative Energy JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 12 (1), 1-13, 2022 - /-/2022
52 Pembelajaran fisika tentang “sumber energi terbarukan” berbantuan prototipe konverter sistem reduksi ganda untuk meningkatkan hasil belajar siswa Navigation Physics: Journal of Physics Education 4 (1), 56-62, 2022 - /-/2022

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat
1 Journal of Physics: Conference Series The ocean climate phenomenon: The challenges of earth physics lectures in Indonesia 2019
2 Journal of Physics: Conference Series Assessing students 21<sup>st</sup> century attitude and environmental awareness: Promoting education for sustainable development through science education 2019
3 Journal of Physics: Conference Series Wave energy concept mastery relate on creative thinking skills of the pre-service physics teachers in environmental physics lectures 2019
4 Journal of Physics: Conference Series Analysing of pre-service physics teachers critical thinking skills profile in ocean wave energy topic 2020
5 Journal of Physics: Conference Series Physics learning based contextual problems to enhance students' creative thinking skills in fluid topic 2020
6 Journal of Physics: Conference Series Fluid experiment design using video tracker and ultrasonic sensor devices to improve understanding of viscosity concept 2020
7 Journal of Physics: Conference Series Implementation of education for sustainable development to enhance Indonesian golden generation character 2020
8 Journal of Physics: Conference Series The students' Physics Problem Solving Skills in basic physics course 2021

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor
1 INSTRUMEN BLENDED LEARNING FISIKA 2019 hak cipta EC00201931617
2 Model Pembelajaran Karakter ESD 2019 hak cipta EC00201940596
3 Konverter Energi Gelombang Laut Sistem Pelampung Dengan Reduksi Tunggal 2020 hak cipta EC00202046817