Dr. Syaiputra Wahyuda Meisa Diningrat, M.Pd.

Dr. Syaiputra Wahyuda Meisa Diningrat, M.Pd., lahir di Banyuwangi pada tanggal 28-05-1991 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 31 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 6. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 24.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S3
Nama Perguruan Tinggi UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Bidang Ilmu TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Tahun Masuk-Lulus 2019 - 2022
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi -
Nama Pembimbing/Promotor -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 ANIMASI 2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI
2 Desain Pembelajaran
3 Desain Pesan
4 Desain Sistem Pembelajaran
5 DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN
6 Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum
7 Evaluasi Pembelajaran
8 Inovasi dan Difusi Pendidikan
9 Kajian dan Pengembangan Kurikulum
10 Landasan Teknologi Pendidikan
11 Media Pembelajaran
12 METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
13 Metodologi Penelitian
14 Metodologi Penelitian Kualitatif
15 Metodologi Penelitian Lanjut
16 Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
17 Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Belajar
18 Pengembangan Media Audio/radio
19 Pengembangan Multimedia Interaktif
20 PLP-Pengembangan Program Sekolah
21 Proposal Penelitian
22 PROPOSAL TESIS
23 Proposal Tugas Akhir
24 Publikasi
25 Seminar Hasil Penelitian
26 Seminar Tugas Akhir
27 Skripsi
28 STATISTIK PENDIDIKAN
29 Teknologi Kinerja
30 Teknologi Pembelajaran
31 Tesis

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2025 Strategi Pembelajaran Inovatif melalui Model Meta Virtual Project-Based Networked Learning (Meta VPNL) dalam Meningkatkan Produktivitas, Kualitas Penulisan Buku, dan Pengembangan Edutecnopreneurship Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan
2 2023 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MEMBELAJARKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS
3 2023 MENDESAIN CASE BASE LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOLABORASI, BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH
4 2024 MODEL TEAM BASED BLENDED LEARNING UNTUK MEMBELAJARKAN KETERAMPILAN ABAD 21
5 2024 PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BAGI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
6 2024 PENGEMBANGAN SOAL LITERASI DAN NUMERASI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)
7 2025 Digitalisasi Validasi Kompetensi: Pengembangan Sistem Blockchain sebagai Inovasi Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Nonformal LKP Study Hotel Executive Kediri
8 2025 PENGEMBANGAN MODEL ONLINE COLLABORATIVE LEARNING DALAM LINGKUNGAN BELAJAR FLIPPED CLASSROOM UNTUK MEMBELAJARKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DALAM PEMECAHAN MASALAH DAN BERFIKIR KRITIS
9 2024 PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM LINGKUNGAN BELAJAR FLIPPED CLASSROOM UNTUK MEMBELAJARKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF
10 2024 Pengembangan E-Book Statistika Materi Uji Asumsi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Statistik
11 2025 PENGARUH TEAM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BEKERJA DALAM TIM DAN PEMECAHAN MASALAH PADA MAHASISWA UNESA DAN UNIPA SURABAYA

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2024 PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOTA BATU MALANG
2 2025 Peningkatan Kompetensi Guru melalui Penerapan Model Meta Virtual Project-Based Networked Learning (Meta VPNL) untuk Pembelajaran Inovatif di SMK
3 2024 PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK GURU PAUD
4 2024 PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PELAKSANA PENJAMIN MUTU DI POLITEKNIK PERKERETAAPIAN INDONESIA MADIUN DI BIDANG SISTEM PENJAMINAN INTERNAL
5 2024 PELATIHAN MERANCANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU DI SEKOLAH INDONESIA JOHOR BAHRU
6 2025 TRANSFORMASI ORMAWA FIP UNESA SEBAGAI INKUBATOR KEPEMIMPINAN MAHASISWA MELALUI PENINGKATAN SOFT SKILLS

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Integrating pbi in the flipped classroom: A framework for effective instruction World Journal on Educational Technology: Current Issues 12 /-/2020
2 Emergency online teaching: Early childhood education lecturers' perception of barrier and pedagogical competency Cakrawala Pendidikan 39 /-/2020
3 Correlation Between Facebook Use, Mental Health And Learning Engagement: A Case Of Universities In Surabaya City, Indonesia Turkish Online Journal of Distance Education 22 /-/2021
4 EFFECT OF ONLINE FLIPPED CLASSROOM ON STUDENTS’ SELF-DIRECTED LEARNING: A CASE OF SOME UNIVERSITIES IN INDONESIA Journal of Educators Online 19 /-/2022
5 The Effect of an Extended Flipped Classroom Model for Fully Online Learning and its interaction with Working Memory Capacity on Students' Reading Comprehension Journal of New Approaches in Educational Research 12 /-/2023
6 PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN (CAI) KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN MANFAAT, DAMPAK DAN PROSES PEMBUATAN UNSUR-UNSUR DAN SENYAWANYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA … - /-/0
7 Salwa.(2020). Emergency online teaching: Early childhood education lecturers’ perception of barrier and pedagogical competency. Cakrawala Pendidikan, 39 (3), 705–719 - /-/0
8 EFFECT OF ONLINE FLIPPED CLASSROOM ON STUDENTS’SELF-DIRECTED LEARNING: A CASE OF SOME UNIVERSITIES IN INDONESIA - /-/0
9 PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN (CAI) KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN MANFAAT, DAMPAK DAN PROSES PEMBUATAN UNSUR-UNSUR DAN SENYAWANYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA … Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 5 (1) - /-/2013
10 Desain model pembelajaran online sebagai upaya memfasilitasi belajar di tempat kerja Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 20 (1), 17-24, 2019 - /-/2019
11 Modified Bottle Cap for Improving Children’s Arithmetic Ability Jurnal Pendidikan Usia Dini 13 (2), 249-263, 2019 - /-/2019
12 Design Framework for A School Playground Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2), 327-336, 2019 - /-/2019
13 EMERGENCY ONLINE TEACHING: EARLY CHILDHOOD EDUCATION LECTURERS'PERCEPTION OF BARRIER AND PEDAGOGICAL COMPETENCY Jurnal Cakrawala Pendidikan 39 (3), 705-719, 2020 - /-/2020
14 Integrating PBI in the Flipped Classroom: A Framework for Effective Instruction. World Journal on Educational Technology: Current Issues 12 (2), 117-127, 2020 - /-/2020
15 Integrating PBI in the flipped classroom: A framework for effective instruction World Journal on Educational Technology: Current Issues 12 (2), 117-127, 2020 - /-/2020
16 Tiga langkah strategis untuk dukung budaya pembelajaran daring pasca COVID-19 Retrieved from The Conversation Website: https://theconversation. com/tiga …, 2020 - /-/2020
17 EMERGENCY ONLINE TEACHING: EARLY CHILDHOOD EDUCATION LECTURER PERCEPTION OF BARRIER AND PEDAGOGICAL COMPETENCY Jurnal Cakrawala Pendidikan 39 (3) - /-/2020
18 Pengaruh Game Online “Clash of King” Terhadap Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran 1 (1), 650-657, 2021 - /-/2021
19 Addressing the Practice of Cultural Literacy in Asian Countries: Challenges and Pedagogical Implication Celt: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature 21 (2 …, 2021 - /-/2021
20 Model pembelajaran era 4.0 dan peranan teknologi pendidikan selama pandemi covid-19 Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran 1 (1), 101-111, 2021 - /-/2021
21 Correlation between Facebook use, mental health and learning engagement: A case of universities in Surabaya City, Indonesia Turkish Online Journal of Distance Education 22 (1), 229-245, 2021 - /-/2021
22 Pengaruh model pembelajaran flipped classroom integrated with reciprocal strategy (fcirs) dan working memory capacity terhadap kemampuan reading comprehension dan critical … Universitas Negeri Malang, 2022 - /-/2022
23 Improving Children’s Understanding of Early Sex Education through Modified Puppet Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (5), 4839-4846, 2022 - /-/2022
24 The Effect of an Extended Flipped Classroom Model for Fully Online Learning and its interaction with Working Memory Capacity on Students’ Reading Comprehension University of Alicante, 2023 - /-/2023

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor