Dr. Izzatul Fajriyah, M.Pd.

Dr. Izzatul Fajriyah, M.Pd., lahir di Sidoarjo pada tanggal 28-08-1991 adalah dosen di Universitas Negeri Surabaya. Dalam 1 tahun terakhir, mengampu 13 matakuliah. Sudah melakukan pengabdian sebanyak 5. Sudah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 24.

Identitas Diri

Riwayat Pendidikan

S2 S3
Nama Perguruan Tinggi UNIVERSITAS SEBELAS MARET Universitas Negeri Yogyakarta
Bidang Ilmu PENDIDIKAN SEJARAH S3 Pendidikan IPS
Tahun Masuk-Lulus 2013 - 2015 - - 2023
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi - -
Nama Pembimbing/Promotor - -

Mata Kuliah yang Diampu

No. Mata Kuliah
1 Dasar-Dasar Pendidikan
2 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
3 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
4 Kurikulum Sekolah
5 Metode Penelitian
6 Pancasila
7 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
8 Perencanaan Pembelajaran
9 PLK Tematik Sejarah Indonesia
10 Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan sampai Reformasi
11 Sejarah Indonesia Masa Pergerakan Nasional
12 Sejarah Lokal dan Kebudayaan Indonesia
13 Sejarah Pendidikan

Data Penelitian Dari Sim Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana

Data Penelitian Dari Non Litabmas

No. Tahun Judul Sumber Dana
1 2025 Pengembangan Virtual Tour Museum Sebagai Media Interaktif Untuk Optimalisasi Pembelajaran di Laboratorium Rumah Sejarah Unesa
2 2025 PANDANGAN RESTOPREKTIF KERUNTUHAN HINDIA BELANDA PADA 1930-1942 MELALUI PENDEKATAN MICROHISTORY
3 2025 INTEGRASI ACEH KE WILAYAH HINDIA BELANDA MELALUI PERSPEKTIF HASAN MUSTAPA PADA AKHIR ABAD XIX
4 2024 Elaborasi Rethinking Rumination (Overthinking) sebagai Faktor Resiliensi Akademik Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya
5 2025 SOLO-VALLEI SEBAGAI PROYEK AMBISI PEMERINTAH HINDIA BELANDA YANG GAGAL 1893-1899
6 2025 Etnis Maluku dalam Pusaran Masa Bersiap : Stigma dan Kekerasan Rasial Selama Masa Transisi Pasca Kemerdekaan di Surabaya (1945-1947)
7 2025 PENYUSUNAN KAMUS MADURA-BELANDA DI HINDIA BELANDA SEBAGAI UPAYA HEGEMONI KEKUASAAN KOLONIAL ABAD XIX-XX
8 2024 PENERAPAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SEJARAH ANGKATAN 2022
9 2025 INTEGRASI ISU KONTROVERSIAL DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MULTIKULTURAL PESETA DIDIK SMP
10 2025 Kompleks Candi Penataran sebagai Representasi Kosmologi Hindu-Jawa
11 2025 Kajian Historis Kedatangan Migran Dalam Pengembangan Tourism Budaya Pariwisata di Malaysia
12 2025 TELAAH HISTORIS PENDEKATAN FILOSOFI DALAM KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH ATAS (KBK, KTSP, DAN K13) DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENYUSUNAN RPP
13 2024 STUDI TENTANG IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MEMBANGUN IKLIM SEKOLAH NYAMAN DI KOTA SURABAYA
14 2025 NaraJuang: Diorama Perjuangan 10 November 1945 Berbasis Augmented Reality untuk Mengembangkan Literasi Digital
15 2025 Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Psikologi Humanistik Untuk Meningkatkan Empati dan Kesadaran Nasionalis Pada Materi Sejarah Indonesia Masa Orde Baru Hingga Reformasi

Pengabdian Kepada Masyarakat

No Tahun Judul Pengabdian Sumber Pendanaan
1 2024 PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS TPCK (Integrasi Modul Ajar dan Aplikasi Lumio) BAGI GURU SEJARAH JAWA TIMUR
2 2025 Pelatihan Historiografi Berbasis Gemini AI Sebagai Transformasi Metode Pembelajaran Bagi Guru MGMP Sejarah SMA Kota Surabaya
3 2025 Pendampingan Revitalisasi Ekstrakulikuler Jurnalistik untuk Meningkatkan Literasi Digital Santriwati sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Berjiwa Mar’atus Shalihah dan Nareswari di MA IT PPTQ Darul Fikri
4 2025 Memupuk Jiwa Bela Negara melalui Edukasi Sejarah di Rumah Pintar Museum Penerbangan TNI AL: Kolaborasi UNESA Membangun Generasi Muda Cinta Tanah Air
5 2025 INTEGRASI NILAI BUDAYA ASIA DALAM MEMBANGUN KOMPETENSI MULTIKULTURAL MAHASISWA INDONESIA DI TAIWAN

Publikasi Jurnal

No Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1 Strategi Pembelajaran Sejarah Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Kelas XI SMA stkip pgri sidoarjo, 0 - /-/0
2 Strategi Pembelajaran Sejarah Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Kelas XI SMA stkip pgri sidoarjo - /-/0
3 Hasil Cek Plagiasi Artikel Ilmiah dengan judul Building Madrasah Ibtidaiyah Through Participation STKIP Singkawang, 0 - /-/0
4 Hasil Cek Plagiasi Artikel Ilmiah dengan judul Building Madrasah Ibtidaiyah Through Participation STKIP Singkawang - /-/0
5 SUSI SUSANTI ATLET BULUTANGKIS PUTRI INDONESIA TAHUN 1988-1998 - /-/0
6 ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KERAGAMAN BUDAYA Repository STKIP PGRI Sidoarjo - /-/0
7 ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KERAGAMAN BUDAYA Repository STKIP PGRI Sidoarjo, 0 - /-/0
8 SUSI SUSANTI ATLET BULUTANGKIS PUTRI INDONESIA TAHUN 1988-1998 Avatara 1 (2), 2013 - /-/2013
9 PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KONSTRUKTIVIS-KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS... Jurnal Magister Pendidikan Sejarah 3 (3) - /-/2014
10 PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KONSTRUKTIVIS-KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 SIDOARJO Jurnal Magister Pendidikan Sejarah 3 (3), 2014 - /-/2014
11 Building Madrasah Ibtidaiyyah Through Participation http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/343 2 …, 2017 - /-/2017
12 Hasil Cek Plagiasi Penulis Kedua Artikel Ilmiah dengan judul Building Madrasah Ibtidaiyyah Through Participation STKIP PGRI Singkawang, 2017 - /-/2017
13 SEJARAH BUDAYA KAWIN SIRRI DI DESA KALISAT KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PASURUAN JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN 1 (2), 253-274, 2017 - /-/2017
14 Peer Review: Building Madrasah Ibtidaiyah Through Participation PGSD STKIP PGRI Singkawang, 2019 - /-/2019
15 ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 TARIK SIDOARJO Jurnal Artefak 8 (2), 125-132, 2021 - /-/2021
16 Peer Review Penulis Pertama Artikel Ilmiah: Analisi Pembelajaran IPS Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Negri 2 Tarik Sidoarjo Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Galuh, 2021 - /-/2021
17 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Sejarah di SMPN 1 Sidoarjo STKIP PGRI SIDOARJO, 2022 - /-/2022
18 Covid-19 pandemic makes the world of education apply technology International Conference on Education (ICE) 1 (1), 151-154, 2022 - /-/2022
19 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Sejarah di SMPN 1 Sidoarjo Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan 9 (1), 1-11, 2023 - /-/2023
20 NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL UPACARA SEDEKAH BUMI DESA KARANGLO SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN SEJARAH LOKAL JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN 9 (2), 18-25, 2023 - /-/2023
21 PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK KERAJAAN MAJAPAHIT DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI SMK NEGERI 1 BEJI Jurnal Wahana Pendidikan 10 (1), 11-18, 2023 - /-/2023
22 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Peserta Didik Materi Di Bawah Tirani Jepang Kelas XI DKV SMK ITABA Gedangan Jurnal Wahana Pendidikan 11 (2), 227-236, 2024 - /-/2024
23 Blacksmith: Between history, culture, and economy Interdisciplinary International Journal of Conservation and Culture 2 (1), 15-20, 2024 - /-/2024
24 Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sejarah pada Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo Jurnal Artefak 11 (1), 65-74, 2024 - /-/2024

Karya Buku

No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit

Pemakalah Seminar Ilmiah

No Nama Temu ilmiah / Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

Hak Karya Ilmiah

No Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor